Penyusunan Laporan Kegiatan, Penyegaran Kembali Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI, Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja
SURAT EDARAN SEKRETARIS MAHKAMAH AGUNG RI NOMOR : 10 TAHUN 2019 TENTANG HIMBAUAN PENCEGAHAN GRATIFIKASI KLIK DISINI

Penyusunan Laporan Kegiatan, Penyegaran Kembali Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI, Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja

13 Jul

[Klaten, 2 Januari 2020] Dihari efektif pertama masuk kantor tahun 2020, Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA atas perintah Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bapak Albertus Usada, SH.,MH untuk melaksanakan agenda kegiatan yang sudah direncanakan jauh sebelum memasuki tahun 2020. Tanggal 2 Januari 2020 walaupun hari pertama bagi Ketua Pengadilan Negeri Klaten bukan hari yang santai, namun sesuai komitmen bahwa Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA tetap dalam pelayanan penuh kepada masyarakat pencari keadilan. Hari pertama masuk kantor tahun 2020 Pengadilan Negeri Klaten tepat jam 8:30 berkumpul di Ruang Sidang Utama untuk melaksanakan beberapa agenda kegiatan. Diantaranya adalah Evaluasi terhadap kinerja Pengadilan Negeri Klaten tahun 2019, evaluasi terhadap penyelesaian perkara diantaranya. Rapat dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Klaten dan kemudian didelegasikan kepada Wakil Ketua Pengadilan Klaten Ibu Tuty Budhi Utami, SH.,MH. 

              Rapat Evaluasi dimulai dari analisis Rasio Penanganan Perkara dengan capaian pada akhir Desember 2019 ini mencapai 87.92% kurang 0.08% dari target Indeks Kinerja Utama (IKU) Pengadilan Negeri Klaten sebesar 88%.  Tentu "hal ini sangat mengganggu" ungkap Ketua Pengadilan Negeri Klaten, kenapa kurang dari 0.08% tetap belum tercapai, padahal upaya dan simulasi sudah dilakukan, namun belum tercapai. Hal ini juga disampaikan oleh Ibu Wakil Ketua Pengadilan Negeri Klaten bahwa walaupun target IKU sebesar 77% belum tercapai, namun dilihat dari analisis beban perkara yang menurun dari sisa tahun 2018 sebesar 122 perkara, dan sisa perkara tahun 2019 adalah 97 perkara ini menunjukkan adanya kenaikan walaupun secara angka menurun namun data menunjukkan bahwa jumlah sisa perkara yang menurun menunjukkan bukti bahwa prosentase perkara yang diputus atau diselesaikan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Evaluasi dilanjutkan dengan melihat satu persatu perkara yang lebih dari 5 bulan atau 150 hari apa kendala dan penyebab sehingga perkara melebihi target penyelesaian yang sudah ditentukan yaitu 150 hari. Evaluasi dilanjutkan dalam bidang kesekretariatan dalam hal penyerapan realisasi anggaran. Dari data menunjukkan bahwa capaian realisasi anggaran di Pengadilan Negeri Klaten baik DIPA 01 maupu DIPA 03 adalah sangat memuaskan dengan capaian DIPA 01 sebesar 99.69% dan penyerapan DIPA 03 sebesar 99.81%. Memang data ini belum melalui proses rekonsiliasi mengingat disampaikan pada waktu rapat tanggal 2 Januari 2020 namun sudah dapat memberikan gambaran bahwa capaian realisasi anggaran ini dapat dipertanggung jawabkan.

               Rapat dilanjutkan dengan persiapan penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pengadilan Negeri Klaten sampai dimana kesiapan dalam mempersiapkan Kertas Kerja sesuai outline Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung Nomor : 1730/SEK/OT.01.2/12/2019. Dalam penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pengadilan Negeri Klaten tahun 2019 Ketua Pengadilan Negeri Klaten berpesan bahwa Data terkait laporan agar disajikan tidak hanya tahun 2019 namun sesuai dengan periode 5 tahun yaitu 2015 - 2019. Data yang disajikan dibuat sedemikian rupa dalam bentuk infografis, deskripsi yang jelas dan dapat berbicara sesuai dengan kapasitas data yang disajikan. Desain cover dan isi juga harus bersifat Out of the box, artinya harus beda dari biasanya dengan demikian Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pengadilan Negeri Klaten yang disajikan mampu membuat perbedaan, bisa dijadikan contoh bagi satuan kerja lain dan tentu saja data yang disajikan adalah data akurat dan benar. Dalam hal ini Tim Tutik harus mempersiapkan terkait data sesuai outline yang ada.

                Dalam rapat kali ini juga disampaikan penyegaran kembali terhadap Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI sesuai Surat Maklumat Ketua Makamah Agung RI Nomor 01 Tahun 2017. Penyegaran kembali Makluma Ketua Mahkamah Agung RI ini sebagai bentuk pengawasan oleh pimpinan pengadilan kepada seluruh hakim dan pegawai dilingkup Pengadilan Negeri Klaten. Peran dan tanggung jawab pimpinan sangatlah besar, memastikan maklumat  Ketua Mahkamah Agung ini tersampaikan kepada seluruh pegawai di Pengadilan Negeri Klaten, sebab apa yang dilakukan oleh pegawai terhadap dugaan penyimpangan menjadi tanggung jawab pimpinan pengadilan yaitu Ketua Pengadilan Negeri Klaten.

                 Sebagai penutup kegiatan rapat yang dilaksanakan pada tanggal 2 Januari 2020 yang hampir 3 jam dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja oleh seluruh Hakim dan ASN di Pengadilan Negeri Klaten. Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja disaksikan oleh segena pimpinan, pejabat struktural maupun pejabat fungsional Pengadilan Negeri Klaten. Bahkan pegawai honorer juga menandatangani Pakta Integritas yang dibubuhi materai 6 ribu rupiah sebagai bentuk komitmen bahwa apa yang sudah ditandatangani menjadi tanggung jawab bagi seluruh pegawai di Pengadilan Negeri Klaten dan menjadi perhatian bersama agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Rapat ditutup dengan doa sebelum kembali pada aktivitas pekerjaan masing-masing sesuai tupoksi.