PTSP Terkini

Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pengadilan Negeri Klaten Terkini

28 Okt

Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pengadilan Negeri Klaten adalah Pengadilan yang menerapkan model pelayanan terpusat. Dalam perkembangannya untuk peningkatan pelayanan di era Kepempinan Hera Kartiningsih, S.H.,M.H telah dilakukan renovasi selain untuk kenyamanan para pengguna jasa pengadilan juga untuk meningkatkan pelayanan yang mendukung protokol kesehatan era pandemi covid-19. Selain renovasi pada meja layanan yang sudah disesuaikan dengan protokol kesehatan dilakukan juga penyesuaian pada kursi tunggu. Adanya kursi prioritas untuk penyandang disabilitas, fasilitas ruang tunggu khusus penyandang disabilitas, brosur huruf braile dan beberapa fasilitas lain untuk memberikan pelayanan bagi penyandang disabilitas.

        Pembangunan PTSP juga tidak hanya pada sisi fasilitas tetapi juga karakter SDM para petugas PTSP juga dilakukan briefing rutin untuk mengevaluasi dan mengedukasi para petugas PTSP dalam memberikan pelayanan. Tentunya kegiatan briefing tidak hanya sekedar rutinitas tetapi juga memberikan penilaian terhadap para petugas PTSP dengan menerapkan reward dan punishment kepada para petugas. Mengumumkan petugas PTSP terbaik pada setiap bulan dan pemberian reward untuk memberikan dorongan dan semangat. di era kepemimpinan Ketua Pengadilan Negeri Klaten Ibu Hera Kartiningsih,S.H.,M.H. dilakukan selalu perubahan yang berbeda.

         Inovasi dalam pelayanan PTSP juga selalu ditingkatkan, terbukti pada tahun 2020 diluncurkan Inovasi PTSP on Call yaitu pelayanan informasi dan layanan secara online melalui handphone menggunakan fasilitas whatsapp baik telepon,video call ataupun pesan whatsapp kepada petugas PTSP on Call. Dan pada tahun 2021 ini disempurnakan menjadi layanan ODS atau Online Direct Service. Perbedaannya adalah PTSP on Call ada petugas khusus melayani permintaan informasi, sedangkan ODS semua petugas PTSP menjadi petugas ODS yang dapat secara langsung pelayanan secara online ke masing-masing akun petugas ODS atau ke masing-masing nomor whatsapp petugas ODS sehingga menjadi lebih mudah ketika pelayanan pada setiap meja layanan di PTSP. ODS dapat diakses oleh masyarakat pada halaman website Pengadilan Negeri Klaten atau bisa juga pada tautan https://ods.pn-klaten.go.id

 

x