Soft Launching Asisten Virtual PTSP (Albert) Pengadilan Negeri Klaten
SURAT EDARAN SEKRETARIS MAHKAMAH AGUNG RI NOMOR : 10 TAHUN 2019 TENTANG HIMBAUAN PENCEGAHAN GRATIFIKASI KLIK DISINI

Soft Launching Asisten Virtual PTSP (Albert) Pengadilan Negeri Klaten

19 Jul

[Klaten, 5 Juli 2019] Pagi yang cerah Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA melakukan Soft Launching terhadap Inovasi Baru uang disebut Asisten Virtual PTSP Pengadilan Negeri Klaten. Asisten Virtual PTSP adalah bentuk layanan terhadap masyarakat dalam hal pelayanan dan kebutuhan informasi. Kenapa disebut Asisten Virtual? Inovasi Asisten Virtual adalah sebuah layanan untuk menjawab dan melayani kebutiuhan informasi di pengadilan seperti informasi perkara, persidangan dan layanan lainnya hanya dengan mengirim pesan singkat melalui whatsapp yang akan dijawab secara otomatis oleh Asisten Virtual PTSP tanpa menggunakan operator manusia.

asvir1

asvir2

asvir3

asvir4

asvir5

            Asisten Virtual PTSP dalam menjawab dan melayani kebutuhan informasi yang diminta oleh masyarakat dengan mengirim pesan melalui whatsapp sudah menggunakan AI (Artificial Inteligent) walaupun bisa dibilang masih sederhana, namun mampu menjawab dan melayani informasi apa saja yang dibutuhkan di Pengadilan. Asisten Virtual PTSP Pengadilan Negeri Klaten diberi nama Albert yang merupakan nama depan dari Ketua Pengadilan Negeri Klaten Bapak Albertus Usada, SH.,MH. Albert (Asisten Virtual PTSP) mampu belajar dengan sendirinya sehingga apabila ada pertanyaan atau layanan yang diinginkan oleh masyarakat dan belum bisa menjawab, dia akan meneruskan pertanyaan atau layanan yang belum bisa dijawab oleh Albert kepada pembuatnya sdr. Puji Wiyono, S.Kom, sehingga nantinya jika ada masyarakat yang meminta layanan yang sama Albert sudah bisa menjawab dengan sendirinya sesuai dengan pola dan algoritma yang dibuat oleh Pembuatnya. Dengan demikian Albert semakin lama akan semakain pintar dan cerdas di dalam menjawab semua informasi dan layanan yang diinginkan.

asvir6

asvir7

asvir8

asvir9

asvir10

asvir11

asvir12

asvir13

asvir14

            Kenapa dipilih Whatsapp sebagai media komunikasi dengan Asisten Virtual PTSP? Whatsapp adalah media sosial dan alat komunikasi yang sangat familier dikalangan masyarakat, hampir sebagian besar masyarakat menggunkan whatsapp disebabkan whatsapp dinilai handal dan tidak memuat konten iklan serta komunikasi yang realime. Karena kemudahannya dalam pengoperasian dan kecepatan di dalam penyampaian informasi maka media whatsapp dipilih sebagai media layanan Asisten Virtual PTSP Pengadilan Negeri Klaten. Kemudian kemana masyarakatd apat mengajukan pertanyaan atau layanan apa saja? Cukup kirim pesan whatsapp ke nomor 085959597996 maka Albert (Asisten Virtual PTSP) akan menjawab secara otomatis, cepat dan responsif sepanjang tidak ada kendala internat.

asvir15

asvir16

asvir17

asvir18

asvir19

           Pemilihan nomor layanan Asisten Virtual PTSP ini juga memiliki filosofi dan maksud tertentu. 97996 adalah Kode Satker 01 Pengadilan Negeri Klaten. 595959 (59 x 3) juga memiliki filosofi 5(mo) dan 9(nggo) jika digapung menjadi 59 (monggo atau silahkan). Rencananya kedepan inovasi akan diselenggarakan Grand Launching yang pada versi pertamanya layanan ini akan diberi nama eSemar. Apa itu eSemar. e (elektronik) dan Semar (Smart Asisten Virtual) atau bisa juga memiliki makna Semar adalah tokoh di dalam pewayangan yang memiliki sifat Bijak dan ngemong (melayani) para satria pandhawa (para satria baik). Semar di dalam tokoh pewayangan sebenarnya adalah Dewa Ismaya (yang merubah diri menjadi seperti manusia). Jika digabung dengan awalan e-lektronik menjadi eSemar bisa diurai ke filosofi makna kata esem (jawa) = senyum = muka cerah, bibir yg tersenyum ramah siap memberikan pelayanan kepada setiap orang sebagai pengguna Pengadilan Negeri atau customer, bagian dari budaya kerja 3S, atau budaya pelayanan publik kita Santun dari rangkaian BISA (Berwibawa, Inovatif, Santun dan Akuntable) yg bisa di gali filosofinya sebagai sebuah karakter (Albertus Usada, SH.,MH).

asvir20

asvir21

asvir22

          Harapan mendatang adalah Inovasi ini mampu menjawab tantangan dalam pelayanan terhadap masyarakat 24 jam x 7 hari dalam 1 minggu akan kebutuhan data dan informasi. Dalam launching ini Albertus Usada, SH.,MH (Ketua Pengadilan Negeri Klaten) mengatakan bahwa inovasi ini masih bersifat beta, dan akan terus dikembangkan sehingga menjadi layanan yang inovatif, sederhana, cepat dan responsif juga gratis.

Kunjungi website Virtual Asisten PTSP http://asistenvirtual.pn-klaten.go.id atau di Youtube pada channel Pengadilan Negeri Klaten https://www.youtube.com/watch?v=q16HRF1vsq8&t=41s