Monitoring dan Evaluasi Implementasi SPPT-TI

Monitoring dan Evaluasi Implementasi SPPT-TI

18 Apr

[Klaten, 11/04/2019] Kamis, 11 April 2019 Pukul 08.30 WIB Ketua Pengadilan Negeri Klaten Albertus Usada, SH. MH memimpin Briefing SIPP-TI SIPP. Dihadiri Para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Aparatur Pengadilan lainnya di Ruang Rapat Ketua PN Klaten.

            Dalam Briefing ini YM Ketua menyampaikan tentang Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Implementasi SPPT-TI SIPP kaitanya dengan tndak lanjut atas materi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI) yang diadakan di Yogyakarta tanggal 07 Februari 2019 yang dihadiri oleh Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bapak Jaka Nurhasan, SH, MH. Yang pada akhirnya menjadi Evidence pada Reformasi Birokrasi dalam Area IV Penataan Tata Laksana Sub E-Government dan Pembangunan Zona Integritas dalam Area II Penataan Tata Laksana sub E-Office.

Ketua Pengadilan Negeri Klaten Albertus Usada, SH. MH dalam Briefing ini mempersilahkan Bapak Jaka Nurhasan, SH, MH untuk memberikan penjelasan materi yang sudah didapat dari Acara yang diadakan oleh Kemenkopolhukkam tersebut diantaranya bahwa Kemenkopolhukkam bekerjasama dengan Lembaga Cyber Sandi Negara membangun Aplikasi yang dapat digunakan dan di akses oleh Presiden RI dengan harapan akan mempermudah untuk mengakses data dari ke empat Kelembagaan Bidang Hukum di Indonesia yaitu Mahkamah Agung RI, Kejakasaan Agung RI, Kepolisian RI dan Kementrian Hukum dan HAM RI. Dari Aplikasi tersebut Kemenpolhukkam meminta dari ke empat lembaga tersebut untuk menyediakan data terkait lembaga, untuk Mahkamah Agung RI data dengan bersifat pasif yang hanya menyiapkan data akurat dengan mengisi SIPP secara Valid, yang di perlukan antara lain :

  1. Nomor Dakwaan meliputi tanggal dan isi dakwaan
  2. Nomor Pelimpahan Perkara
  3. Penetapan Majelis Hakim
  4. Penetapan Hari Sidang
  5. Amar Putusan
  6. E-Doc Putusan