Rapat Bulanan Periode Oktober 2018

Rapat Bulanan Periode Oktober 2018

13 Nov

[Klaten, 11/10/2018] Kamis, 11 Oktober 2018 Pukul 08:30 WIB Ketua Pengadilan Negeri Klaten Albertus Usada, SH. MH memimpin rapat bulanan untuk periode Oktober 2018. Didampingi oleh Panitera Pengadilan Negeri Klaten Sumitro, SH, dan Sekretaris Pengadilan Negeri Klaten Edi Sutanto, SH dan sebagai notulen MILADINA YUSTIFIKA AMALIA, S.H.MH dan Irwan Syah, S.Kom dan operator IT Kasubag. PTIP Wijaya Binu Kamdani, SH.,MM bersama Puji Wiyono,S.Kom. Mengawali pertemuan pagi ini YM Ketua mengingatkan kembali bagaimana posisi MIS hari ini, posisi peringkat Pengadilan Negeri Klaten dalam evaluasi Implementasi SIPP di website Dirjen Badan Peradilan Umum. Secara live Ketua Pengadilan Negeri selalu memonitor di dalam rapat, bahkan selalu memotivasi siapa Hakim tercepat hari ini minutasi sehingga mendapatkan point tertinggi begitu juga dengan Panitera Penggantinya. Tidak lain hal ini adalah upaya untuk mempertahankan Pengadilan Negeri Klaten dalam terus memperbaiki kinerja dan ketertiban serta kedisiplinan dalam pengisian data SIPP.

          Dalam hal kepemimpinan Ketua Pengadilan Negeri Klaten selalu menegaskan, tidak menggunakan manajemen tukang cukur sehingga memberi kelonggaran kepada Panitera Pengadilan Negeri Klaten untuk menyampaikan segala permasalahan dalam bidang kepaniteraan, kemudian meminta apa usulan, apa solusi untuk menyelesaikan segala permasalahan dan sebagai Ketua akan mendengarkan terlebih dahulu dan apabila perlu melakukan konsolidasi apabila ada hal yang belum terselesaikan. Begitu pula dengan segala permasalahan kesekretariatan, kepada Sekretaris Pengadilan Negeri Klaten untuk menyampaikan segala hal permasalahan yang terjadi di kesekretariatan kemudian meminta apa usulan dan solusi saudara sekretaris dalam upaya menyelesaikan permasalahan tersebut. Inilah gaya kepemimpinan yang berbeda, yang memberikan kepercayaan terhadap pejabat struktural maupun fungsional untuk berpikir mandiri dan positif.

            Dalam rapat ini juga diminta kepada seluruh Hakim Pengawas Bidang untuk melaporkan tiap bidang pengawasan kepada Ketua Pengadilan Negeri Klaten yang harus diserahkan dalam bentuk tertulis sebelum rapat dan menyampaikan permasalahan di dalam rapat kemudian ditemukan solusi dan dikoordinasi. Dalam rapat ini juga disampaikan kepada bahwa akan diselenggarakan Sosialisasi eCourt bagi Advokat di Pengadilan Negeri Klaten yang akan dirapatkan pelaksanaannya bersama advokat yang ada di wilayah Pengadilan Negeri Klaten. Rapat berlangsung sampai hampir 180 menit demi tersampaikan dan terselesaikannya seluruh permasalahan sebelum minggu depan Ketua Pengadilan Negeri berangkat ke Eropa untuk melaksanakan tugas dari Mahkamah Agung RI untuk studi banding ke Eropa terkait dengan implementasi eCourt di Makamah Agung RI.