Sidak Tim Badan Pengawasan pasca Libur Cuti Bersama Idul Fitri 1439 H

Sidak Tim Badan Pengawasan pasca Libur Cuti Bersama Idul Fitri 1439 H

21 Sep

[Klaten, 21 Juni 2018] Hari pertama masuk kerja 21 Juni 2018 pasca Libur Cuti Bersama Idul Fitri 1439 H, pagi ini Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA mendapat kunjungan sidak dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI (Tim Bawas). Dalam sidang kali ini Tim Bawas yang beranggotakan 3 personil diantaranya adalah Bp. H. Makmun Masduki, SH.,MHum  (Hakim Tinggi Pengawasa / Ketua Tim), Bp. Radiyo Baskoro, SH,M.Kn (Hakim Yustisi Badan Pengawasan) dan Bp. Imam Purnomo, S.E.,Ak.,CA. (Auditor Muda). Kedatangan Tim Bawas ini disambut baik oleh Bp. Albertus Usada, SH.,MH selaku Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA.

            Dalam sidak kali ini Tim Bawas sengaja merahasiakan kedatangan dan memeriksa mulai dari kedisiplinan daftar hadir pegawai Pengadilan Negeri Klaten, ketertiban administrasi perkara baik manual maupun SIPP dan bidang lain. Kali ini tidak hanya dalam rangka sidak tetapi juga sebagai bentuk supervisi dalam penilaian Zona Integritas karena Pengadilan Negeri Klaten sebagai salah satu Pilot project untuk penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) sebelum penilaian yang dilakukan oleh Menpan. Dalam kunjungan tanggal 21 Juni 2018 dipanggil semua Hakim khusus ketua Pokja Area Zona Integritas dan dibekali pengetahuan  untuk Self Assesment dari instrumen yang diberikan.

              Dalam hal ini Tim Bawas membekali bapak ibu Hakim yang nantinya bertanggung jawab sebagai ketua pokja pada zona dan area masing2. Diberikan pengetahuan bagaimana self asessment agar bisa diketahui seberapa kesiapan Pengadilan Negeri Klaten di dalam menghadapi penilaian Tim dari Menpan untuk Zona Integritas di Pengadilan Negeri Klaten. Dijelaskan point-point apa saja yang dinilai, apa yang harus disiapkan dan dilengkapi seandainya belum lengkap sehingga diperoleh nilai per instrumen yang baik dan memenuhi kriteria minimal untuk tingkat WBK (Wilayah Bebas Korupsi). Hal ini tentu bukanlah hal yang mudah, diperlukan solidaritas dan kerjasama yang baik diantara pimpinan Pengadilan Negeri Klaten dan seluruh pegawai agar Pengadilan Negeri Klaten dapat lolos dalam tahapan peniliaian Zona Integritas dan minimal mencapai nilai untuk tingkat WBK.