Pengajian Rutin Jumat Bulan Ramadhan 1439 H / 2018 (Penutup)

Pengajian Rutin Jumat Bulan Ramadhan 1439 H / 2018 (Penutup)

21 Sep

[Klaten, 8 Juni 2018] Jumat, 8 Juni 2018 pagi ini seperti yang sudah diagendakan setiap hari jumat dilaksanakan Pengajian Rutin Jumat Pagi. Dalam Pengajian rutin yang juga sekaligus sebagai pengajian terakhir di bulan Ramadhan 1439 H ini, dalam sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Klaten Bp. Albertus Usada, S.H,M.H menjelaskan bagaimana Hubungan manusia dengan makhluk lainnya yang mungkin diantara Bapak Ibu yang hadir juga belum faham. Kemudian hal ini dijelaskan lagi oleh Ustad bahwa hubungan manusia itu ada tiga di dalam Islam yaitu

1.  Hubungan manusia dengan Allah (Hablum Minallah).
Sesuai firman yang berbunyi : ”Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahku”. (QS.51: 56)

2. Hubungan Manusia dengan Manusia (Hablum minan-Naas).
Sesuai firman yang berbunyi :
”Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan”. (QS.5:2).
3. Hubungan manusia dengan makhluk lainnya/ lingkungan.
Sesuai firman yang berbunyi : ”Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmuran”. (QS.11:61)

Beberapa hal juga dijelaskan dalam isi kajian pagi ini tentang bagaimana menyikapi di 10 hari terakhir di bulan ramadhan agar puasa yang dilakukan benar-benar berbuahkan menjadi orang yang bertaqwa.

Pengajian ini berlangsung + 90 menit dengan Pembawa Acara Bp. Edi Sutanto, SH (Sekretaris Pengadilan Negeri Klaten) dimulai dari Sambutan Ketua Pengadilan Negeri Klaten, Pembacaaan Ayat Suci Al Quran dan Inti Pengajian. Sampai dengan selesainya acara ini berjalan lancar dan ditutup dengan doa bersama. Semoga ditahun-tahun mendatang acara ini bisa terlaksana kembali.