Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Eksekusi Tahun 2012 s.d 2017

Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Eksekusi Tahun 2012 s.d 2017

19 Jul

[Klaten, 28/03/2018] Rabu, 28 Maret 2018 Pukul 08:30 WIB Rapat Dinas Insidentil untuk Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Eksekusi Sejak Tahun 2012 s.d 2017 dipimpin oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bp. Albertu Usada, SH.,MH dimulai dengan memberikan kesempatan kepada para Jurusita Bp. Sarju, Bp. Andika Arinto Adi dan Bp. Sutrisno untuk memberikan laporan terkait pelaksanaan eksekusi sejak tahun 2012 sampai dengan Tahun 2017. Dari Laporan Bapak Sarju bahwa ada Perkara Eskekusi yang ditangani masih 18 Perkara, Bp. Andika Rinto Adi ada 16 Perkara, dan Bp. Sutrisno 10 Perkara berdasarkan laporan tertulis dikarenakan Bp. Sutrisno sedang cuti.

         Dan dari beberapa arahanan yang diberikan Bp. Albertus Usada, SH.,MH dapat disimpulkan sebagaimana berikut :

  1. Apabila ada perkara yang panjar biayanya tinggal sedikit sedangkan belum selesai dalam tahap aanmaning untuk pada panggilan teguran kepada Pemohon untuk menambah panjar biaya eksekusi lagi.
  2. Pada perkara yang tahapan eksekusinya berhenti yang masih dalam teguran/ aanmaning untuk dilakukan panggil lagi.
  3. Pada perkara yang tahapan eksekusinya berhenti yang masih dalam tahapan sita untuk dilanjuti dengan panggilan untuk rapat koordinasi.
  4. Pada perkara yang tahap lelang I belum selesai karena tidak ada penawaran untuk koordinasi kepada Termohon dan Pihak Appraisal untuk menentukan harga baru sebelum dilaksanakannya lelang yang kedua.
  5. Terhadap perkara eksekusi dimana Termohon tidak mau menyerahkan sertifikat maka ditindaklanjuti dengan  Panggil pihak BPN untuk Rapat Koordinasi yang disampaikan dalam undangan mohon membawa buku tanah dari nomor sertifkat tersebut. Sehingga pelaksanaan Lelang dapat tetap dilaksanakan dengan adanya Berita Acara dan Penetepan dari Pengadilan Negeri.
  6. Perlu dipahami bahwa eksekusi adalah untuk mengukur kinerja dari Pengadilan Negeri dan mengukur kepastian hukum terhadap pencari keadilan sekiranya Para Jurusita untuk bekerja keras melaksanakan perkara eksekusi yang ditangani dan tidak segan untuk saling mengingatkan kepada Panitera dan Ketua PN Klaten.
  7. Untuk dapat segera dapat menyelesaikan tunggakan perkara eksekusi dapat diefektifkan Teguran/ Aanmaning ataupun Rapat Koordinasi bisa dilaksanakan sampai dengan bulan puasa sedangkan untuk pelaksanakan  pengosongan setelah lebaran saja

Setelah beberapa arahan dari Bapak Ketua Penagadilan Negeri Klaten, para hadirin rapat diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran dan usulan  terkait dengan evaluasi dan monitoring eksekusi tahun 2012 sampai dengan 2017 agar terlaksana dengan baik. Acara selesai pada pukul 10.15 WIB dan ditutup oleh Ibu Panitera Sri Prih Utami, SH.MH