Briefing Manajemen Resiko Pengamanan Sidang Pra Peradilan

Briefing Manajemen Resiko Pengamanan Sidang Pra Peradilan

12 Des

[Klaten, 22/02/2018] Kamis, 22 Februari 2018 Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bp. Albertus Usada, SH.,MH pagi ini memberikan Briefing Manajemen Resiko Pengamanan Sidang Pra Peradilan kepada seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA. Bapak Ketua Pengadilan dalam penyampaian briefing dikatakan kenapa manajemen resiko, manajemen pengelolaan, antisipasi terhadap resiko yang kemungkinan timbul dalam pelaksanaan tugas dan pokok fungsi sebagai penegak hukum dan aparatur negara. Berkenaan dengan pengamanan sidang pra preradilan atas nama inisial S dan Hakim Tunggal berdasarkan penetapan Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA dengan nomor terbaca. Dalam briefing disampaikan dalam hal ini Ketua Pengadilan Negeri Klaten kelas IA sebagai leader (pimpinan) dalam hal-hal penegakan hukum acara dengan menghormati Kompetensi dan Presionalitas dan serta Kebebasan sebagai hakim yang memeriksa, mengadili dan memutus perkara yang bersangkutan. 

              Persidangan akan dilaksanakan hari ini, Kamis, 22 Februari 2018 dan perkara tersebut telah dilimpahkan 1 hari sebelumnya Hari Rabu, 21 Februari 2018. Berkenaan dengan pelaksanaan persidangan di delegasikan kepada Panitera Muda Pidana, Bp. Jaka M Nurhasan, SH sebagai penanggung jawab pelaksanaan persidangan karena Panitera dalam hal ini konsentrasi pada kegiatan lain (eksekusi) dengan berkoordinasi, bersinergi dan berkomunikasi dengan staf pidana, security pengamanan dalam dan seluruh warga pengadilan negeri klaten turut bertanggung jawab atas terselenggaranya pengamanan jalannya persidangan. Begitu juta dalam hal pelaksanaan persidangan Bapak Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA menyampaikan bahwa pengamanan juga dilakukan dengan Kapolres Klaten. Dalam hal persidangan hal yang sangat ditegaskan oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA ingin dalam jalanya persidangan agar kita tunjukkan Netralitas, inParsial, dan yang paling penting adalah tunjukkan Indepedensi Peradilan karena kita tidak bisa bekerja di bawah tekanan apapun dan saya (Ketua Pengadilan Negeri Klaten menjamin aparatur peradilan menjalankan tugas fungsi dan profesinya tanpa paksaan, kuncinya adalah komunikasi dan koordinasi dengan alat negara lainnya. Bapak Ketua selalu menegaskan agar Simbol Negara hadir dan di hadirkan terutama dalam proses persidangan tanpa paksaan dan tekanan dari pihak manapun, dan apapun resikonya akan diambil oleh Ketua Pengadilan Negeri Klaten karena sebagai leader. Dikatakan oleh Bapak Ketua, Kalau tidak ambil resiko sebagai pimpinan lebih baik beliau berhenti menjadi pimpinan "Pemimpin apa itu" begitu dikatakan beliau dalam briefing, karena menurut beliau ini adalah ujian leadership atau kepemimpinan kita.

                Tidak lupa beliau berpesan kepada Petugas PTSP agar layanan tidak terganggu, dan sebagai Ketua Pengadilan beliau menjamin bahwa layanan kita tidak terganggu, pelayanan public tetap berjalan tanpa ada ganggungan. Briefing tambahan adalah terkait dengan pelaksanaan tugas eksekusi pasca lelang hak tanggungan. Dan dikatakan bahwa di era kepemimpinan Bapak Albertus Usada, SH. ,MH ini adalah eksekusi riil yang kedua pasca yang pertama di desa Jeblog, Kec. Karanganom. Bapak Ketua mengucapkan terima kasih atas terlaksananya pelaksanaan eksekusi yang berjalan baik dan lancar atas dukungan dan kerjasama semua aparatur penegak hukum maupun petugas pengadilan yang terbukti dengan banyaknya testimoni yang baik yang diberikan oleh Kepolisian, Kecamatan dan lainnya. Briefing bejalan selama kurang lebih 40 menit dan berjalan dengan baik dan lancar.