Rapat Teknis Yudisial Kejurusitaan

Rapat Teknis Yudisial Kejurusitaan

22 Okt

[Klaten, 08/02/2018] Kamis, 8 Februari 2018 seluruh Jurusita dan Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA dikumpulkan di Ruang Rapat Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA untuk Rapat Teknis Yudisial Kejurusitaan yang dipimpin langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bp. Albertus Usada, SH.,MH. Disampaikan bahwa dalam rapat ini tentang MoU dengan Pengadilan Agama Klaten tentang Radius Panggilan di wilayah Kabupaten Klaten yang telah membuat kesepakatan antara Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA dengan Pengadilan Agama Klaten. Diantara capaian daripada MoU ini adalah kenaikan biaya panggilan sesuai radius I, II dan III. Untuk Radius 1 sebesar Rp. 70.000,-, Radius II sebesar Rp. 80.000,- dan Radius III sebesar Rp. 100.000,-. Hal ini akan dituangkan dalam SK Ketua Pengadilan Negeri Klaten dan akan dipublikasi agar masyarakat tahu tentang perubahan besaran Biaya Panggilan berdasarkan radius karena hal ini akan mempengaruhi jumlah Panjar Perkara di Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA.

               Tidak hanya menyampaikan masalah perubahan radius biaya panggilan, Bapak Ketua Pengadilan Negeri Klaten juga menyampaikan beberapa hal tentang tugas dan kewajiban seorang Jurusita ataupun Jurusita Pengganti, karena beliau berkata Putusan Pengadilan bisa batal demi Hukum karena Jurusita, oleh karenanya beliau berpesan agar pelaksanaan pemanggilan dilaksanakan secara baik-baiknya dan memenuhi syarat baik dan patut. Kewajiban penyampaikan relaas delegasi atau panggilan bantuan yang sifatnya dari luar agar ditangani secara serius sesuai Sema 6 Tahun 2014. Semua harus dilaksanakan sesuai prosedur yang ada. Acara ini dilanjutkan dengan rapat pembahasan MoU Pemanggilan yang sifatnya adalah pemanggilan umum baik melalui Mass media (Koran) atau melalui Pemangglan Umum (Kantor Pemerintah Daerah) bagaimana kesepakatan pelaksanaan Pemanggilan yang sifatnya Panggilan bagi pihak yang tidak diketahui alamat jelasnya, sehingga perlu dilakukan pemanggilan melalui mass media atau pemanggilan umum. Akhirnya dicapai kesapakatan untuk mekanisme pemanggilan kepada pihak yang tidak diketahui alamatnya dengan mengedepankan asar peradilan salah satunya adalah biaya murah.

            Acara berjalan hampir 180 menit atau 2.5 jam di ruang ketua dan mendapat beberapa kesepakatan yang dicapai di dalam pelaksanaan tugas-tugas kejurusitaan.