Peringatan Hari Kartini 139 Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA

20 Apr

[20/04/2018] Woow.. amazing... demikian istilah yang pas untuk Acara Peringatan Hari Kartini April 2018 di Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA. Hari ini, 20 April 2018 Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA tepatnya Dharmayukti Karini Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA dan Pengadilan Negeri Agama Klaten mengadakan kegiatan untuk memperingati Hari Kartini. Dimulai dengan kegiatan Lomba Fashion oleh Ibu-ibu Dharmayukti Karini dengan dimulai berjalan dan berlenggang di depan dewan Juri. Berlenggang, memutar, senyum dan berkedip centil itu yang dilakukan peserta Lomba Fashion Show dalam acara Memperingati Hari Kartini.

           Acara dilanjutkan dengan Lomba Baca Puisi dengan belasan peserta lomba puisi diiringi musik. Dalam setiap lomba terdapat 3 dewan juri yang membuat penilaian untuk lomba Fashion Show dan Lomba Baca Puisi. Sudah menjadi ketentuan setiap pemenang lomba harus mengulang memperagakan fashion show kembali atau membaca puisi kembali di hadapan para audien peserta peringatan Hari Kartini 20 April 2018 di Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA. Tibalah saatnya pengumuman pememang lomba untuk Lomba Fashion Show beberapa kriteria Pemenang dari Juara Harapan II, Juara Harapan I, Juara III, Juara II dan Juara I kemudian untuk lomba baca puisi Juara III, Juara II dan Juara I.

          Namun dari sekian rangkaian acara yang terpenting adalah kebersamaan, partisipasi, para kartini muda. Dalam Prakata Ibu Ketua Dharmayukti Kartini Ibu Neneng S Albert Usada, SE disampaikan bahwa jika kita ingin anak cucu kita, atau jika kita ingin mendapatkan keturunan yang baik harus dimulai dari diri kita sendiri di dalam membanguun bangsa ini. Partisipasi para kartini muda sangat diharapkan demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini. Dalam acara ini juga Bp. Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bp. Albertus Usada, SH.,MH selaku pelindung dalam organisasi Dharmayukti Karini Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA dan Pengadilan Agama Klaten memberikan sambutan beberapa patah kata diiringi dengan sayup musik merdu beliau menyampaikan agar semangat kartini ada pada diri kita semua. Beliau menyampaikan betapa bangganya karena dari sekian jadi Pelindung dalam organisasi Dharmayukti Kartini baru kali ini acara peringatan yang paling berkesan dan boleh dibilang wow..amazing.. Dalam candanya beliau berkata dari Ibu-ibu yang dalam lomba Fashion Show lenggak lenggoknya, ada yg baca puisi sampai tangganya dalam posisi mau terbang dan seterusnya, bahwa intinya adalah beliau bangga dengan peringatan ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada dewan juri yang telah membantu dalam acara kegiatan Dharmayukti Karini untuk ikut memeriahkan Hari Kartini April 2018.

Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Jawa Tengah

30 Mar

[Klaten, 29/03/2018] Kamis, 29 Maret 2018 Pengadilan Tinggi Jawa Tengah berkunjung ke Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA untuk melakukan Audit Surveillance  terhadap Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA. Audit Surveillance sendiri dilakukan dengan tujuan :

1. Untuk melihat interaksi dan implementasi dari kebijakan, sasaran dan prosedur termasuk pencapaiannya.

2. Untuk mengkonfirmasi bahwa sistem manajemen sesuai dengan semua persyaratan standar Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri yang telah diberikan kepada Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA.

3. Memantau dan mengukur konsistensi penerapan manajemen mutu dan sistem manajemen Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA yang telah terakreditasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Jawa Tengah secara resmi dibuka di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA. Opening meeting dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bp. Albertus Usada, SH.,MH, seluruh Hakim, Panitera, Sekretaris dan semua Pegawai. Adapun sebagai auditor yaitu Laurensius Sibarani, SH LS (Lead Assesor) sebagai Ketua Tim, Eko Tunggul Pribadi, SH (Anggota), Yogi Prasetiono, SE, SH (Anggota), dan Teguh Wiyono (Anggota).

 

 

 

 

 

 

 

Dalam Opening Meeting, Lead Assesor Laurensius Sibarani, SH mengatakan bahwa tujuan surveillance ini adalah untuk memastikan bahwa sistem Akreditasi Penjaminann Mutu yang sudah dicanangkan di Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA telah dilaksanakan secara konsisten. Untuk agenda Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu pada hari Kamis ini tim audit mensurvei segala sarana dan prasarana pelayanan kepada pencari keadilan dan dilanjutkan dengan audit dokumen penunjang serta aplikasi-aplikasi yang sudah dijalankan di Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA seperti Audio Teks Recording (ATR), SIPP dan lain sebagainya.

 

 

 

 

 

 

 

Di Kamis malam Tim Surveilance Pengadilan Tinggi Jawa Tengah ada Closing Meeting menyampaikan beberapa temuan yang harus diperbaiki di Pengadilan Negeri Klaten disampaikan langsung oleh Lead Assesor Bp. Laurensius Sibarani, SH dan kemudian sebelum penutupan ditandatangani oleh Lead Assesor dan Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA.

 

 

 

 

 

 

Pengantar Alih Tugas Ibu Nyoman Ayu Wulandari, SH,MH, Dra. Diah Sri Winarni dan Wisuda Purna Bhakti

23 Mar

[Klaten, 23 Maret 2018] Klaten, Jumat 23 Maret 2018 Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA melaksanakan acara Pengantar Alih Tugas untuk Ibu Ayu Wulandari, SH.MH dan Dra. Diah Sriwinarni juga Wisuda Purna Bhakti untuk Bp. Amir, Bp. Bambang Hendradi Purnomo, Bp. Sutomo dan Bp. Suyatman. Dimulai jam 08:00 WIB di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA dan diawali dengan prakata Bp. Sutomo wakili Bapak-bapak lain yang purna bhakti Bp. Sutomo mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan Keluarga Besar Pengadilan Negeri Klaten yang telah membuat acara untuk wisuda purna bhakti bagi Bp. Sutomo dan teman yang lainnya. Cara penyampaiannya yang sering kelakar, lucu namun tetap membuat haru seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA selama mengabdi. Ucapan Terima kasih dan permohonan maaf mewakili teman-teman yang telah duluan purna bhakti disampaikan dalam beberapa menit diiringi dengan pemutaran video kenangan. Selesainya prakata di lanjutkan dengan pemberian Kalung Bunga oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bp. Albertus Usada, SH.MH kepada Bp. Amir, Bp. Bambang, Bp. Sutomo dan Bp. Suyatman dan dilanjutkan prakata dari Bapak Ketua.

 

              Berikutnya adalah prakata dari Ibu Nyoman Ayu Wulandari SH.,MH kepada Keluarga Besar Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan permohonan maaf apabila selama mengabdi Pengadilan Negeri Klaten ada salah ucap dan perbuatan ada hal-hal yang tidak berkenan dan akhirnya Ibu Nyoman Ayu Wulandari SH.,MH memohon pamit undur diri  untuk bertugas di tempat yang baru di Pengadilan Negeri Mataram Kelas IA Khusus. Dilanjutkan dengan prakata dari Ibu Dra. Diah Sri Winarni didampingi suami  beliau menyampaikan juga bahwa Ucapan Terima Kasih atas dukungan dan kerjasama selama ini di Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA sehingga mampu menghantarkan menjadi Sekretaris di Pengadilan Negeri Boyolali. Juga disampaikan ucapan maaf apabila selama di Pengadilan Negeri Klaten telah banyak ucapan atau perbuatan yang tidak berkenan.

            Tidak lengkap rasanya tanpa kebersamaan yang di wujudkan dengan Senam Maumere Bersama mulai dari Bapak dan Ibu Ketua Pengadilan Negeri Klaten dan diikuti banyak pegawai mulai dari Hakim dan Karyawan yang terlihat sangat menyenangkan dan bergembira. Walau durasi hanya 10 menit tapi membuat suasana acara pagi ini hari ini menjadi lebih hidup. Bahkan Bapak Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA menyumbangkan lagu My Way diiringi organ tunggal, suaranya yang khas jelas dan lantang memang tidak asing lagi beliau sudah terbiasa menyanyi. Diikuti sumbangan lagu dari beberapa pegawai menambah suasana acara di pagi ini menjadi meriah dan lebih berwarna. Acara jeda sejenak untuk melaksanakan sholat jumat dan dilanjutkan lagi setelahnya sampai dengan selesai.

Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Eksekusi Tahun 2012 s.d 2017

28 Mar

[Klaten, 28/03/2018] Rabu, 28 Maret 2018 Pukul 08:30 WIB Rapat Dinas Insidentil untuk Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Eksekusi Sejak Tahun 2012 s.d 2017 dipimpin oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bp. Albertu Usada, SH.,MH dimulai dengan memberikan kesempatan kepada para Jurusita Bp. Sarju, Bp. Andika Arinto Adi dan Bp. Sutrisno untuk memberikan laporan terkait pelaksanaan eksekusi sejak tahun 2012 sampai dengan Tahun 2017. Dari Laporan Bapak Sarju bahwa ada Perkara Eskekusi yang ditangani masih 18 Perkara, Bp. Andika Rinto Adi ada 16 Perkara, dan Bp. Sutrisno 10 Perkara berdasarkan laporan tertulis dikarenakan Bp. Sutrisno sedang cuti.

         Dan dari beberapa arahanan yang diberikan Bp. Albertus Usada, SH.,MH dapat disimpulkan sebagaimana berikut :

  1. Apabila ada perkara yang panjar biayanya tinggal sedikit sedangkan belum selesai dalam tahap aanmaning untuk pada panggilan teguran kepada Pemohon untuk menambah panjar biaya eksekusi lagi.
  2. Pada perkara yang tahapan eksekusinya berhenti yang masih dalam teguran/ aanmaning untuk dilakukan panggil lagi.
  3. Pada perkara yang tahapan eksekusinya berhenti yang masih dalam tahapan sita untuk dilanjuti dengan panggilan untuk rapat koordinasi.
  4. Pada perkara yang tahap lelang I belum selesai karena tidak ada penawaran untuk koordinasi kepada Termohon dan Pihak Appraisal untuk menentukan harga baru sebelum dilaksanakannya lelang yang kedua.
  5. Terhadap perkara eksekusi dimana Termohon tidak mau menyerahkan sertifikat maka ditindaklanjuti dengan  Panggil pihak BPN untuk Rapat Koordinasi yang disampaikan dalam undangan mohon membawa buku tanah dari nomor sertifkat tersebut. Sehingga pelaksanaan Lelang dapat tetap dilaksanakan dengan adanya Berita Acara dan Penetepan dari Pengadilan Negeri.
  6. Perlu dipahami bahwa eksekusi adalah untuk mengukur kinerja dari Pengadilan Negeri dan mengukur kepastian hukum terhadap pencari keadilan sekiranya Para Jurusita untuk bekerja keras melaksanakan perkara eksekusi yang ditangani dan tidak segan untuk saling mengingatkan kepada Panitera dan Ketua PN Klaten.
  7. Untuk dapat segera dapat menyelesaikan tunggakan perkara eksekusi dapat diefektifkan Teguran/ Aanmaning ataupun Rapat Koordinasi bisa dilaksanakan sampai dengan bulan puasa sedangkan untuk pelaksanakan  pengosongan setelah lebaran saja

Setelah beberapa arahan dari Bapak Ketua Penagadilan Negeri Klaten, para hadirin rapat diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran dan usulan  terkait dengan evaluasi dan monitoring eksekusi tahun 2012 sampai dengan 2017 agar terlaksana dengan baik. Acara selesai pada pukul 10.15 WIB dan ditutup oleh Ibu Panitera Sri Prih Utami, SH.MH

Rapat Kepaniteraan Bulan Maret 2018

22 Mar

[Klaten,22/03/2018] Pagi ini di Ruang Sidang Utama Kepaniteraan di Pimpimpin oleh Ibu Sri Prih Utami, SH.,MH selaku Panitera Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA didampingi oleh Panitera Muda Pidana, Panitera Muda Perdata, Panitera Muda Hukum memimpin rapat khusus Kepaniteraan Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA yang dihadiri oleh seluruh Panitera Pengganti dan Jurusita. Dalam Pembinaan Ibu Panitera mengingatkan kembali tentang disiplin kerja dan agar terus meningkatkan kinerja pekerjaan baik Panitera Pengganti maupun Jurusita/Jurusita Pengganti. Ditambahkan oleh Bp. Jaka M Nurhasan, SH selaku Panitera Muda Pidana mengingatkan kembali tentang Produk Unggulan Pengadilan Negeri Klaten yaitu 'Sidang Tepat Waktu' yang saat ini dirasa mengalami kemunduran dari bebeberapa sidang akhir-akhir sidang pidana dimulai terlambat sehingga selesainya lebih diatas jam 12:00 WIB. Hal ini menurutnya tidak boleh diarkan berlarut-larut, karena dapat menyebabkan kesalnya para pencari keadilan.

              Juga disinggung bagaimana memperbaiki kinerja Bapak Ibu Panitera Pengganti dalam pengisian SIPP agar selalu tepat waktu, jangan ditunda-tunda karena Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA sudah menjadi salah satu nominasi Pengisian SIPP terbaik di Indonesia dan hal ini telah dibuktikan dengan penilaian dari Dirjen Badilum. Khususnya tundaan sidang dan minutasi agar dilakukan tepat waktu. Dalam tambahannya Panitera Muda Pidana juga menyinggung masalah administrasi kertas untuk keperluan berita acara, agar masalah bon kertas segera diselesaikan dengan cara yang baik terkait keluhan beberapa Panitera Pengganti masalah bon kertas untuk membuat berita acara.

            Sementara itu Panitera Muda Perdata Bp. Sumarmin, SH jg menambahkan masalah akan adanya kunjungan pengawasan dari Hakim Tinggi Pengawas dari Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, agar dipersiapkan seluruh administrasi dengan baik. Disampaikan Panitera Pengganti jangan sampai lupa atau terlambat membuat berita acara, karena biasanya akan menjadi obyek pemeriksaan oleh Hakim Tinggi Pengawas dimana harusnya setelah selesai sidang, Berita Acara segera dibuat sehingga siap. Tambahan juga diingatkan oleh Panitera Muda Hukum Bp. Kosasih, SH soal administrasi tilang dan hal ini direspon baik oleh Panitera Muda Pidana. Acara berjalan lancar kurang lebih 75 menit dan diharapkan di bulan depan segala masalah yang telah disampaikan sudah bisa diatasi dengan baik.