Kegiatan Pengadilan

Upacara Hari Sumpah Pemuda Tanggal 29 OKtober 2018

29 Okt

[Klaten,29/10/2018] Selasa, 29 Oktober 2019 menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Tahun 2018 Nomor 1325/SEK/HM.01.2/2018 perihal penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 bahwa Pengadilan Negeri Klaten Kelas 1A di halaman kantor pengadilan telah melaksanakan upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 90 pada Pukul 08:00 WIB yang diikuti seluruh Aparatur Sipil Pengadilan Negeri Klaten. Adapun susunan Petugas upacara adalah sebagai berikut :

 

Pembina Upacara                  : Ketua Pengadilan Negeri Klaten (diwakili Nur Jusni, SH.,MH)

Ajudan                                 : Pardiyo, SH

Perwira Upacara                   : Edi Sutanto, SH

Pemimpin Upacara                : Wijaya Binu Kamdani, SH.,MM

Pengibat Bendera                 : 1. Arifin Cahyadi

                                            2. Windra Sukarno K, SH

                                            3. Satya Widhi Yoganta

Pembaca Text Pembukaan    : Walidi, AMd

UUD 1945

Pembaca Text Keputusan      : Miladina Yustisia, SH.,MH

Konggres Pemuda Indonesia

1928

Dirigen                                : Setyorini, SH

Pembaca Acara (MC)            : Sri Handayani, SH

Pembaca Doa                      : M. Irwansyah, S.Akt

 

Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 90 ini sebagai Pembina Upacara Ibu Nur Jusni, SH.,MH (Hakim Senior) mewakili Ketua Pengadilan Negeri Klaten, dikarenakan Ketua Pengadilan Negeri Klaten menghadiri upacara di Kantor Bupati bersama Bupati Klaten. Upacara berjalan kurang lebih 60 menit dan berjalan lancar sampai pasukan di bubarkan. Dalam upacara pagi ini Pembina upacara membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga dan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dalam  upacara juga menyanyikan lagu Kebangsaan Satu Nusa Satu Bangsa dan Bangun Pemudi Pemuda.

KETUA MAHKAMAH AGUNG RESMIKAN 85 PENGADILAN BARU DI KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

22 Okt

[Klaten, 22/10/2018] Hari ini Senin, 22 Oktober 2018 Ketua Mahkamah Agung Resmikan 85 Pengadilan Baru di Melonguane Kabupaten Talaud. Pengadilan Negeri Klaten sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru ikut berperan aktif dalam publikasi peresmian operasional Pengadilan Baru. Peresmian 85 Pengadilan Baru oleh Ketua Mahkamah Agung dapat dilihat live stream pada Youtube pada channel : https://youtu.be/KNbWd3C84uk dimulai dari Sambutan oleh Bupati Kabupaten Talaud, dilanjutkan dengan Sambutan oleh Sekretaris Mahkamah Agung disampaikan oleh Bp. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH.,M.Hum bahwa 85 (delapan puluh lima) pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) badan peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama dan 3 (tiga) Mahkamah Syar’iyah serta 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara.

 

        Selanjutnya setelah sambutan Gubernur Sulawesi Utara, Sambutan oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH, MH. Beliau menyampaikan hal ini juga menjadi bagian dalam upaya mencapai asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan. Dengan adanya peresmian di Melonguane sebagai bentuk perhatian terhadap daerah-daerah perbatasan yang sejalan dengan program Presiden RI agar memperhatikan pembangunan daerah-daerah perbatasan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Pusat terhadap daerah-daerah terpencil di Indonesia. Dalam pidato sambutan YM Ketua Mahkamah Agung RI mengucapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten, dan Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara yang telah berpartisipasi dalam peresmian 85 Pengadilan di Kepulauan Talaud. Dengan Bismillahirrohmanirrohim akhir 85 Pengadilan secara resmi di resmikan untuk bisa beroperasional oleh Ketua Mahkamah Agung RI.

 

        Dan berikut adalah Siaran Pers dari Situs Resmi Mahkamah Agung RI. :

        SIARAN PERS

        KETUA MAHKAMAH AGUNG RESMIKAN 85 PENGADILAN BARU DI KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

        Yth. Rekan-rekan media cetak dan Online

        Dalam rangka mendekatkan pelayanan pengadilan kepada masyarakat pencari keadilan (Access to Justice), Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali,. S.H., M.H meresmikan operasionalisasi 85 (delapan puluh lima) Pengadilan baru di seluruh Indonesia, pada Hari Senin tanggal 22 Oktober 2018 di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. 85 (delapan puluh lima) pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) badan peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama dan 3 (tiga) Mahkamah Syar’iyah serta 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara. Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama yang baru dibentuk tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan berada di ibukota kabupaten dan Kotamadya, sementara Pengadilan Tata usaha Negara berada di Ibukota Propinsi. Dibentuknya pengadilan baru, daerah-daerah yang awalnya secara geografis berada sangat jauh dari kantor pengadilan karena berada di wilayah ibukota kabupaten yang dimekarkan sehingga menyulitkan masyarakat pencari keadilan, saat ini sudah tidak lagi menjadi kendala utama. Selain itu, masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk menuju ke pengadilan karena waktu tempuh menjadi relatif singkat. Pemilihan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai lokasi peresmian pengadilan baru merupakan bentuk perhatian dan apresiasi pimpinan Mahkamah Agung terhadap Pengadilan-pengadilan yang berada di wilayah pelosok dan pulau terluar di Indonesia. Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi dan wilayah paling utara di Indonesia timur serta berbatasan langsung dengan daerah Davao del Sur, Filipina. Selain dihadiri Ketua Mahkamah Agung RI, acara peresmian tersebut dihadiri oleh beberapa orang hakim agung, Sekretaris Mahkamah Agung dan Pejabat Eselon Satu di lingkungan Mahkamah Agung dan serta pimpinan Pengadilan yang baru diresmikan. Sesuai arahan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung dalam berbagai kesempatan, peresmian 85 (delapan Puluh lima) Pengadilan baru merupakan langkah strategis sekaligus bentuk perhatian dari pemerintah (eksekutif) dan Mahkamah Agung (yudikatif) dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Meskipun dengan segala keterbatasan anggaran, sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu seluruh Pengadilan yang baru dibentuk harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di daerah, sembari Mahkamah Agung terus berupaya untuk mengajukan anggaran untuk membangun kantor pengadilan secara bertahap. Demikian siaran pers ini dibuat untuk dimaklumi bersama dan atas kerjasamanya diucapkan terimakasih Jakarta, 18 Oktober 2018 Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI Dr. Abdullah,. S.H., M.S.

Rapat Bulanan Periode Oktober 2018

11 Okt

[Klaten, 11/10/2018] Kamis, 11 Oktober 2018 Pukul 08:30 WIB Ketua Pengadilan Negeri Klaten Albertus Usada, SH. MH memimpin rapat bulanan untuk periode Oktober 2018. Didampingi oleh Panitera Pengadilan Negeri Klaten Sumitro, SH, dan Sekretaris Pengadilan Negeri Klaten Edi Sutanto, SH dan sebagai notulen MILADINA YUSTIFIKA AMALIA, S.H.MH dan Irwan Syah, S.Kom dan operator IT Kasubag. PTIP Wijaya Binu Kamdani, SH.,MM bersama Puji Wiyono,S.Kom. Mengawali pertemuan pagi ini YM Ketua mengingatkan kembali bagaimana posisi MIS hari ini, posisi peringkat Pengadilan Negeri Klaten dalam evaluasi Implementasi SIPP di website Dirjen Badan Peradilan Umum. Secara live Ketua Pengadilan Negeri selalu memonitor di dalam rapat, bahkan selalu memotivasi siapa Hakim tercepat hari ini minutasi sehingga mendapatkan point tertinggi begitu juga dengan Panitera Penggantinya. Tidak lain hal ini adalah upaya untuk mempertahankan Pengadilan Negeri Klaten dalam terus memperbaiki kinerja dan ketertiban serta kedisiplinan dalam pengisian data SIPP.

          Dalam hal kepemimpinan Ketua Pengadilan Negeri Klaten selalu menegaskan, tidak menggunakan manajemen tukang cukur sehingga memberi kelonggaran kepada Panitera Pengadilan Negeri Klaten untuk menyampaikan segala permasalahan dalam bidang kepaniteraan, kemudian meminta apa usulan, apa solusi untuk menyelesaikan segala permasalahan dan sebagai Ketua akan mendengarkan terlebih dahulu dan apabila perlu melakukan konsolidasi apabila ada hal yang belum terselesaikan. Begitu pula dengan segala permasalahan kesekretariatan, kepada Sekretaris Pengadilan Negeri Klaten untuk menyampaikan segala hal permasalahan yang terjadi di kesekretariatan kemudian meminta apa usulan dan solusi saudara sekretaris dalam upaya menyelesaikan permasalahan tersebut. Inilah gaya kepemimpinan yang berbeda, yang memberikan kepercayaan terhadap pejabat struktural maupun fungsional untuk berpikir mandiri dan positif.

            Dalam rapat ini juga diminta kepada seluruh Hakim Pengawas Bidang untuk melaporkan tiap bidang pengawasan kepada Ketua Pengadilan Negeri Klaten yang harus diserahkan dalam bentuk tertulis sebelum rapat dan menyampaikan permasalahan di dalam rapat kemudian ditemukan solusi dan dikoordinasi. Dalam rapat ini juga disampaikan kepada bahwa akan diselenggarakan Sosialisasi eCourt bagi Advokat di Pengadilan Negeri Klaten yang akan dirapatkan pelaksanaannya bersama advokat yang ada di wilayah Pengadilan Negeri Klaten. Rapat berlangsung sampai hampir 180 menit demi tersampaikan dan terselesaikannya seluruh permasalahan sebelum minggu depan Ketua Pengadilan Negeri berangkat ke Eropa untuk melaksanakan tugas dari Mahkamah Agung RI untuk studi banding ke Eropa terkait dengan implementasi eCourt di Makamah Agung RI.

 

Sosialisasi eCourt bagi Advokat di Wilayah Pengadilan Negeri Klaten

12 Okt

[Klaten,12/10/2018] Klaten, Jumat 12 Oktober 2018 Pengadilan Negeri Klaten bekerja sama dengan Organisasi Advolat PERADI cabang yang ada di wilayah Pengadilan Negeri Klaten menyelenggarakan sosialisasi eCourt bagi Advokat. Pelaksanaan di Hotel Grand Tjokro Klaten di Ruang Arjuna dibuka secara resmi oleh Ketua Pengadilan Negeri Klaten Albertus Usada, SH,MH didampingi oleh Panitera Pengadilan Negeri Klaten Sumitro, SH dan Kasubag. PTIP Wijaya Binu Kamdani, SH,MM. Dalam sambutan sekaligus membuka Sosialisasi eCourt bagi Advokat Albertus Usada, SH.MH menyampaikan bahwa syarat menjadi pengguna terdaftar dalam eCourt untuk melakukan pendaftaran perkara secara elektronik sesuai dengan Perma Nomor 3 Tahun 2018 bahwa advokat harus melampirkan 3 dokumen sah diantarnya adalah Berita Acara Sumpah, KTP dan Kartu Anggota. Mekanismenya adalah advokat harus mendaftkarkan sebagai pengguna terdaftar dengan menggunakan akun email yang valid sebagai domisili elektronik yang secara jelas akan disampaikan nanti oleh Narasumber eCourt Puji Wiyono, S.Kom begitu ulas Albertus Usada, SH.MH dalam sambutan sekaligus membuka acara Sosialiasi eCourt bagi Advokat di Pengadilan Negeri Klaten.

         Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua PERADI Cabang Klaten dan diteruskan dengan acara Sosialiasi dan Bimtek eCourt yang dipandu oleh Puji Wiyono, S.Kom. Dalam penjelasannya kepada advokat, Puji Wiyono memandu secara live pada server training ecourt https://training-ecourt.mahkamahagung.go.id advokat secara langsung mengalami secara langsung mendaftar sebagai pengguna terdaftar dengan menggunakan smartphone. Acara sosialisasi juga diikuti oleh para Cakim yang bertempat di Pengadilan Negeri Klaten. Banyak yang sukses dengan mendaftar sebagai pengguna terdaftar dan secara langsung juga dapat mendaftar perkara sampai dengan simulasi mendapatkan nomor perkara. Acara berjalan baik dan lancar 180 menit dari mulai pembukaan sampai dengan selesainya acara. Meskipun Pengadilan Negeri Klaten bukan sebagai Pilot pelaksana ecourt diharapkan dengan sudah diadakannya sosialisasi ecourt ini, Pengadilan Negeri Klaten siap melaksanakan program Mahkamah Agung RI untuk implementasi ecourt.

 

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera, Panmud Perdata Pengadilan Negeri Klaten

21 Sep

[Klaten, Jumat, 21 September 2018] Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Pagi ini oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bp. Albertus Usada, SH.,MH mengambil Sumpah Jabatan dan Melantik Panitera dan Panitera Muda Perdata Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA yang baru Bp. Sumitro, SH sebagai Panitera, dan Bp. Suhartono, SH sebagai Panitera Muda Perdata di Ruang Sidang Utama. Dalam serangkaian acara pagi ini juga serah terima jabatan dari Panitera dari ibu Sri Prih Utami, SH.MH. kepada bp. Sumitro, SH. Disampingi Istri tercinta Bp. Sumitro, SH dan Bp. Suhartono, SH pagi ini setelah selesai Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan beliau berdua sebagai Panitera dan Panitera Muda Perdata Pengadilan Negeri Klaten  telah resmi menjabat sebagai Panitera dan Panitera Muda Perdata Pengadilan Negeri Klaten per tanggal 21 September 2018.

              Setelah acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Bapak Ketua Pengadilan Negeri Klaten Kelas IA Bp. Albertus Usada, SH.,MH berpesan kepada Pejabat Panitera dan Panitera Muda Perdata yang baru agar senantiasa meningkatkan kinerja dan membimbing seluruh pejabat dibawahnya agar Pengadilan Negeri Klaten dapat terus mempertahankan capaian ICCE (International Concortium for Court Excellence) yang telah resmi terdaftar pada Bulan Juli Tahun 2018.  Acara berjalan lancar dan khidmat sampai selesai dengan ditutup doa.